Sunday, January 13, 2013

Pemetaan Geologi


Pemetaan geologi batubara (mapping geology) merupakan bagian dari tahap awal pekerjaan eksplorasi pertambangan batubara. Pemetaan ini sangat penting untuk mengetahui indikasi terdapatnya lapisan batubara pada suatu daerah atau lokasi yang akan ditambang. Eksplorasi sumberdaya alam secara keseluruhan merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pertambangan hingga pada proses penambangan. Dari kegiatan ini akan diperoleh informasi-informasi geologi yang diperlukan dalam melakukan prospeksi dan perhitungan cadangan bahan galian. Pada kegiatan ini tingkat akurasi data dari hasil kegiatan eksplorasi yang ingin dicapai bergantung pada modal finansial, sumberdaya manusia dan manajerial yang memadai. Namun dalam penerapannya proses ini merupakan tantangan besar dalam berinvestasi di sektor ini, mengingat pengusaha ditekankan untuk melakukan kegiatan eksplorasi secara menyeluruh dan harus mengikuti tahapan legalitas pemerintah melalui Dinas Pertambangan dan Energi.


Maksud  Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hal-hal sebagai berikut :
1.      Daerah prospek batubara,  meliputi kualitas baik dari segi fisik maupun kimia batubara yang ada.
2.      Jumlah lapisan dan tebal setiap lapisan batubara, jarak, tebal maupun jenis parting / interburden di antara lapisan batubara.
3.   Dimensi dari semua lapisan batubara, sebaran vertikal dan horizontal,   jurus/kemiringan lapisan berdasarkan data permukaan dan hasil interpretasi.
4.     Perhitungan sumberdaya batubara.
5.     Informasi kesampaian daerah.
6.     Perkiraan akses/jalur logistik, termasuk perekaman data-data rencana lokasi pelabuhan dan stock pile.

Tujuan dilakukan penelitian prospek batubara tersebut agar mendapatkan gambaran terbaru data lapangan sebagai data base untuk peningkatan tahapan selanjutnya. Data base tersebut dapat diperuntukan baik untuk pemodelan geologi ataupun bagi pengembangan design tambang.



No comments:

Post a Comment